Thursday, November 23, 2006

LCD Samsung Tertipis di Dunia

LCD 0.82 mm Samsung (engadget)
Jakarta, Samsung menipiskan layar LCD (liquid crystal display) produksinya hingga tak lebih tebal dari sebuah kartu kredit. Akan seberapa tipis ponsel yang memakai teknologi ini?

Lomba menipiskan layar LCD sedang terjadi di dunia. Awalnya LG.Philips yang mengumumkan layar setipis 1,3 milimeter pada bulan September. Tak berapa lama Toshiba mengumumkan layar setipis 0,99 milimeter.

Kini, dua bulan sejak LG.Philips, Samsung memimpin 'perlombaan' dengan layar 0,82 milimeter. Bandingkan ketipisan layar itu dengan layar yang saat ini banyak digunakan, yaitu setebal rata-rata 2-3 milimeter. Jika digunakan bersama teknologi i-Lens, layar tersebut konon bisa mengurangi hingga 2,5 milimeter ketebalan ponsel.

Samsung bukan hanya menipiskan layar LCD mereka, tapi juga memperkuatnya sehingga (diklaim) tahan banting. Selain itu, layar LCD Samsung itu mampu menahan dampak sinar matahari sehinga tetap nyaman digunakan di luar ruangan.

Menurut Engadget, yang dikutip detikINET Rabu (22/11/2006), LCD tertipis di dunia itu tersedia dengan ukuran 2,1 atau 2,2 inchi. Resolusi yang bisa ditampilkan pada layar itu adalah 240x320 dengan rasio kontras 500 banding 1.

Panel LCD tersebut direncanakan akan mulai diproduksi pada pertengahan 2007. Kemungkinan Samsung akan mengembangkan prototipe ponsel dengan LCD tertipis di dunia itu untuk dipamerkan di awal 2007. (wsh/wsh)

0 comments: