Thursday, November 23, 2006

Cindy - Cindy

CINDY Itu….

Mojang Bandung kelahiran 22 Januari 1978. Publik meliriknya saat dia tampil di album The Best of THE GROOVE dalam lagu Katakan Dengan Cinta, yang membuatnya dikira vokalis The Groove yang baru. Cindy adalah Cindy, cewek cantik yang sedang berbunga-bunga karena album perdananya yang sudah lama ia impikan akhirnya terwujud. Abum bertajuk namanya sendiri resmi diluncurkan pada 8 Desember 2005.

CINDY SEMPAT MAMPIR KE NEW YORK

Kalau tokoh Laila dalam cerita karya Ayu Utami tak sempat mampir ke New York , maka Cindy tak hanya mampir tapi justru memulai debut karirnya di dunia tarik suara di kota itu. Ceritanya setelah lulus SMA dan setahun kuliah perhotelan di Montreux , Switzerland tahun 1997, Cindy cabut ke NY untuk meneruskan kuliahnya. Suatu hari dia tanpa sengaja melihat selebaran yang berisi audisi untuk mencari vokalis. Tanpa pikir panjang cewek yang hobi menyanyi dan pernah belajar piano sejak duduk di bangku SD itu pun memberanikan diri mendaftar. Mendengar vokalnya yang unik, pihak production langsung mendaulatnya gabung dalam NEW VOICES, sebuah kelompok vokal R&B yang beranggotakan 4 penyanyi cewek dari berbagai ras. Tak tanggung-tanggung Cindy diposisikan sebagai lead vocalist. New Voices pun memulai membuat lagu, rehearsals atau latihan, dan merambah belantara kota New York dari tahun 1999 hingga 2001, sesekali tampil dalam event-event tertentu. Grup ini sempat membuat demo dan dikirimkan ke berbagai perusahaan rekaman termasuk ARISTA Records. Pihak label tertarik dengan potensi dan keunikan yang ada pada grup ini, dan sempat beberapa kali A&R label ini mengaudisi grup tersebut. Untung belum diraih. Sebelum kontrak sempat dibicarakan antara pihak label dan production, grup ini keburu terpisah karena peristiwa 11 September 2001 yang mengguncang NY dan dunia. Karena memang niatnya kembali ke tanah air dan berkumpul bersama keluarga lagi, tahun 2002 Cindy pun akhirnya pulang ke Bandung .

BERTEMU MARCELL

Balik ke kota kelahiran, Cindy mengisi hari-harinya dengan belajar menulis lagu. Sudah lumayan banyak komposisi yang ia ciptakan. Ritualnya adalah saat mood tertentu datang, dia habis-habisan tumpahkan idenya dalam bentuk tulisan. Biasanya ia lebih santai saat menuliskannya dalam bahasa Inggris. Baru kemudian dia bersenandung atau main piano untuk mendapatkan melodinya. Melalui sejumlah program seperti Sony Acid dan Cakewalk, ia pun belajar mengulik musik. Bahkan ponselnya pun terkadang ia jadikan media dalam mengeksplorasi musik.

Suatu hari Marcell yang merupakan teman SMU-nya, mengajaknya menyanyi dalam suatu acara di kafe setempat. Selanjutnya, Cindy-pun banyak bersosialisasi dengan sejumlah musisi Bandung, sebut saja Ali dan Ari Firman, mantan mantan bassist dan pianist The Groove, yang ia kenal lewat temannya, Imel Simangusong, seorang jazz vocalist & pianist di Bandung. Setelah merampungkan demo, ia menawarkan pada beberapa label rekaman, dan gayungpun bersambut dari SONYBMG.

JATUH CINTA PADA GLENN FREDLY

Debut albumnya berisikan 10 lagu. Keseluruhannya tersaji dalam musik pop dengan beberapa flavor seperti R&B dan sedikit jazz. Disini ia menjalin kerjasama dengan musisi seperti Tohpati, Glenn Fredly, Rieka Roslan, Andi Bayou, DJ Tius dan Dion, dan banyak lagi. Sebagai single unggulan Cindy membawakan karya lama milik Chandra Darusman berjudul Rintangan, dimana ia berduet dengan Glenn Fredly.

"Saya langsung jatuh cinta pada Glenn pada saat melihat dia pertama kali di acara peluncuran album Glenn 'Selamat Pagi Dunia'! Maksudnya jatuh cinta pada talenta, vocal dan musik Glenn yang mengagumkan. Saat itu saya langsung ngebayangin wah mimpi aja tapi gimana rasanya ya kalau saya beneran bisa nyanyi bareng dia, i know for sure it would be a great thing in my life!" jelas cewek yang suka dengan gaya berpakaian kasual tapi sedikit elegance ini.

Ternyata impiannya pun menjadi kenyataan. Cindy mengaku tak mempunyai kesulitan dalam proses rekaman bersama Glenn. Tanpa persiapan yang khusus, take vocal Cindy dengan Glenn ini dijalani dengan santai dan mengalir natural saja. Lagu yang aransemennya digarap oleh Tohpati ini bertutur mengenai sepasang kekasih yang terpisah karena perbedaan keyakinan.

Dari sepuluh lagu yang ada, empat diantaranya ditulis Cindy dalam bahasa Inggris. Let's Make It Right yang bercerita tentang cewek yang curiga cowoknya mendua, dihantarkan dalam pop R&B yang ringan dan nge-groove, klop dengan vokal Cindy yang bening. Dalam lagu This Is My Way, Cindy menawarkan pop dengan nuansa jazzy minimalis, sesekali bebunyian rhodes dan synthesizer menimpalinya. Dua lagu lagi adalah With or Without You yang bercerita tentang tegarnya hati dan tekad dia mengejar cita-citanya sendiri, dan Sampai Disini Saja yang ia buat spontan bersama dengan Andy Bayou.

Dalam lagu Berpesta, tampil pula Rio Febrian dan Ello. Isian keyboard dan saxophone dalam musik berirama medium ini menjadikan suasana lagu ini terkesan asik dan santai. Dalam lagu Aku Sahabatmu Yang Mencintaimu, karya Rieka Roslan, Cindy membawakannya dalam pop bertempo lambat yang manis.

Ah, kehadiran Cindy dengan albumnya ini seakan bak angin lembut yang menawarkan kesegaran dan kita menjadi rileks dibuatnya.

album cover
Artist
Cindy
Track Listing
1. Rintangan
duet w/ Glenn Fredly
2. Aku Sahabatmu Yang Mencintaimu
3. Jatuh Cinta
4. Let's Make it Right
5. Akhir Cinta
6. Berpesta
feat. Rio Febr /ian & Ello
7. This is My Way
8. Atas nama Cinta
9. With or Without You
10. Sampai Disini Saja
Multimedia
  • Rintangan d
  • Rintangan - duet w/ Glenn Fredly d

0 comments: