Thursday, November 23, 2006

GIE, OST

“Aku mencari jalan atas semua keresahan-keresahan ini

Kegelisahan manusia… Retaklah… malam yang dingin.”

Gie (Eross)

Cuplikan dari lirik lagu berjudul Gie yang ditulis Eross bercerita tentang sosok Gie, seorang aktivis angkatan ’60 yang semangat juangnya selalu menjadi sumber inspirasi. “Aku dapat inspirasi liriknya setelah baca skrip yang disodorkan oleh Mbak Mira. Tapi sebelumnya aku juga sudah kenal sosok Gie ini lewat buku-buku yang menuliskan perjalanan hidupnya,” tutur Eross.

Lagu berjudul Gie tersebut dinyanyikan oleh Okta, seniman yang sudah lama bermukim di kota Yogya. Buat Okta yang pernah berduet dengan Lea, membawakan lagu karya Eross adalah suatu kehormatan apalagi lagu yang dinyanyikan ini merupakan soundtrack dari sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Tak hanya di lagu Gie, Okta juga mengisi vokal pada lagu Cahaya Bulan yang juga besutan Eross.

GIE adalah film layar lebar yang diangkat dari kisah nyata Soe Hok Gie, mahasiswa yang kritis terhadap kebijaksanaan pemerintah di tahun 60-an. Tak lengkap rasanya bila menonton filmnya tanpa menikmati lagu-lagu yang ikut tersaji didalamnya. Beberapa tembang lawas di hadirkan dalam suasana segar disini. Tak asal comot, karena lagu-lagu disini merupakan lagu yang lagi ngetop pada tahun ‘60an. Sebut saja karya penting Bob Dylan Like A Rolling Stone yang di cover oleh Speaker 1st dengan menggaet vokalis sangar Andy /rif. Lalu ada tembang favorit Gie berjudul Donna Donna milik Joan Baez yang dibawakan kembali lewat tarik suara Sita RSD.

Dari dalam negeri pun turut hadir sederet tembang lagendaris yaitu Dimana Dia dibawakan oleh Tetty Kadi, Terombang Penantian oleh Titiek Puspa dan Badai Selatan oleh Agus Wisman. Melalui tangan dingin Andi Rianto ketiga lagu itu digarap menjadi bernuansa modern tanpa meninggalkan ruh aslinya.

Selain Gie ada 2 buah lagu baru. Mr. Ego besutan Speaker 1st dan Cahaya Bulan besutan Eross. Keduanya merupakan karya dari para anak muda yang mengenal sosok Gie lewat tulisan-tulisan otobiografi maupun buah pikir Gie yang telah dibukukan dan ini membuktikan bahwa semangat juang Gie masih terus lestari hingga saat ini.

Di album ini jangan lewatkan juga penampilan Nicholas Saputra membawakan sebuah puisi Gie. Dengan berlatar dentingan ballad Cahaya Bulan tanpa nyanyian, telah berhasil menerjemahkan cita-cita Gie yang tersirat lewat puisinya dalam nuansa romantisme seorang aktivis.

album cover
Artist

Track Listing
1. CAHAYA BULAN / Eross SO7 & Okta

2. GIE / Eross SO7 & Okta

3. LIKE A ROLLING STONE / SPEAKER 1ST feat Andy RIF,

4. DONNA DONNA / Sita RSD/ Arr. Tohpati

5. MR EGO / SPEAKER 1ST

6. BADAI SELATAN / Agus Wisman / Andi R

7. TEROMBANG DI PENANTIAN / Titiek Puspa / Arr. Andi R

8. NURLELA / Deny Wong 7/ Bing Slamet / Arr. Irwan S

9. DI MANA DIA / Tetty Kadi / Arr. Andi R

10. PUISI (CAHAYA BULAN) / Nicholas Saputra

Multimedia
  • Gie d d

0 comments: