Friday, November 17, 2006

Harsh Times, Waktu Terbuang Sia-Sia

Directed by : David Ayer

Genre : Action/Drama

Runtime : 120 min

Casts : Christian Bale, Freddy Rodríguez, Eva Longoria, Chaka Forman

Kalau demi persahabatan harus dibayar dengan menyabung nyawa, wah, kira-kira, apakah Anda mau melakukannya? Pengatasnamaan hubungan persahabatan yang sekian lama telah terjalin terkadang memang diuji buat yang menjalaninya. Tetapi, kalau memang hubungan persahabatan di atas nyawa, sulit untuk mengambil keputusan. Seperti yang dialami Mike Alonzo.

Adalah seorang mantan Army Rager yang telah kembali dari masa tugasnya, Jim Davis (Christian Bale). Hidup menumpang di rumah kumuh kekasihnya di Mexico, Jim terpaksa kembali ke kotanya di Los Angeles dengan ambisi sebagai polisi LAPD. Percaya diri akan kemampuan dan latar belakangnya sebagai seorang Ranger, ia pun lebih banyak menghabiskan waktu bersenang-senang dengan sahabatnya Mike Alonzo (Freddy Rodríguez) yang kebetulan juga numpang di rumah kekasihnya yang diperankan oleh Eva Longoria (Sylvia). Sylvia yang percaya dengan kekasihnya Mike yang akan mencari pekerjaan pun telah dibekali CV plus uang makan siang setiap harinya dengan harapan, Mike akan menemukan pekerjaan dan mereka pun akan menjadi equal partner dalam hal finansial.

Namun, kenyataan tak semanis harapan. Mike dan Jim lebih banyak menghabiskan waktu bersenang-senang dan melakukan tindakan kriminal yang dianggap "kecil" oleh mereka. Seperti mencuri marijuana dari seorang penjual jalanan, mengambil uang dan pistol dari kekasih salah satu dari banyak kekasih dari Jim. Yang tanpa mereka sadari, tindakan mereka ini akan berpengaruh di kemudian harinya.

Kesemuanya ini karena dorongan Jim yang kesal karena pada hari itu ia tidak berhasil diterima sebagai anggota LAPD. Menjadi anggota kesatuan memang sudah menjadi impian Jim, namun karena satu dan lain hal, ia pun tak diterima. Tak dapat menerima kenyataan tersebut, Jim yang memang pada dasarnya kasar dan mempunyai emosi yang tidak stabil, mengajak Mike untuk mengikuti permainannya. Sampai kemudian mereka pun bermaksud untuk menjual pistol hasil curian mereka pada seseorang yang juga mantan polisi. Namun, tak disangka mereka pun mendapat pengalaman yang tak terduga dan pistol pun gagal dijual.

Sampai kemudian, Mike pun terpaksa membuat kebohongan dengan ide dari Jim untuk membuat tipuan bagi Sylvia kekasihnya sehingga seakan-akan ia telah mendapatkan panggilan kerja. Mulai dari kebohongan kecil, tindak kriminal kecil hingga semakin lama Jim pun semakin berani untuk melakukan hal-hal yang di luar aturan.

Namun, tak diduga pula, Jim ternyata berhasil direkrut oleh agen pemerintah untuk diterjunkan ke Colombia untuk menyamar dan membasmi komplotan narkotika di sana. Terbayang pengalaman masa lalu, janji akan menikahi kekasihnya yang ada di perbatasan Mexico, membuat Jim pun kalut. Mike pun juga ternyata berhasil mendapatkan pekerjaan.

Dengan alasan ingin bersenang-senang sebelum melakukan pergi bertugas, Jim pun mengajak Mike dan seorang temannya lagi untuk melewati perbatasan menuju Mexico untuk dikenalkan pada kekasih dan keluarganya. Kembali tak diduga, Jim yang sudah mulai gundah dengan perjalanan tugasnya ini, plus ditambah ia tak bisa menikah kekasihnya membuat kestabilan mental, benar-benar membuat ia melakukan perbuatan yang tak bisa dikontrol olehnya sendiri. Misalnya saja membawa marijuana melewati perbatasan tanpa memberi tahu kedua temannya, dan banyak lagi perbuatan Jim yang memag terlihat berperangai keras.

Mike yang lebih polos yang banyak "ketempuan" akibat perbuatan Jim, dari mulai ia bertengkar dengan kekasihnya karena kebohongannya terbongkar, terusir dari tempat tinggalnya, sampai ia harus menyabung nyawa karena ulah Jim ini.

Film yang disutradarai David Ayer yang juga membidani film Training Day, S.W.A.T, The Fast and The Furious ini memang tak lepas dari adegan action yang keras dan drama "keras" dari kehidupan dari sisi gelap seorang anggota kesatuan keamanan. Christian Bale di sini juga bermain apik sebagai tokoh Jim yang dapat dengan cepat berubah emosi, dari santai, bahagia, tegang, marah dan psychotic. Tak ada yang bisa menjelaskan atau menebak emosi ataupun tindakan dari Jim, ini bisa dimainkan dengan apik oleh Christian.

Berbagai permasalahan dari kerasnya dunia di Los Angeles pun tergambar jelas di film ini, tak heran kalau suasana penggambaran dan pemilihan warnanya pun berkesan buram dan kurang fokus dengan warna-warna muram. Jangan heran kalau Anda meliha bagaimana mereka bisa melakukan tindakan di luar batas tanpa terkena tilang polisi misalnya, karena ternyata mereka sudah mengenal si polisi yang akan menindak mereka. Atau mantan-mantan kawan mereka yang juga bermain di daerah negatif, perdagangan senjata ataupun perbuatan negatif lainnya.

Penggambaran abu-abu di film ini digambarkan dengan baik dan dimainkan dengan baik pula oleh para pemain yang memainkan berbagai karakter. Buat yang menyukai si pemain Batman ini, sayang untuk melewatkan film yang menegangkan ini, Anda akan bingung tindakan apa lagi yang bisa dilakukan oleh tokoh Jim. Selamat menonton! (nita)

0 comments: