Tuesday, July 03, 2007

Cara Mudah Menduga Ikan Berformalin

Ciri ikan asin yang mengandung formalin bisa diketahui secara kasat mata. Antara lain, warnanya cerah, tidak dihinggapi lalat, dan daging ikan elastis. Demikian disampaikan Kepala Bidang Perikanan Dinas Agrobisnis Kota Bogor Robert Hasibuan saat menginspeksi sejumlah pasar tradisional di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/12).

Inspeksi yang dilakukan Robert dan jajarannya antara lain dilakukan di Pasar Bogor dan Pasar Anyar. Di dua pasar ini Dinas Agrobisnis Kota Bogor mengambil 23 sampel ikan asin. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari temuan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta yang menemukan 56 jenis makanan berformalin [baca: Awas, Ada Formalin di Ikan Segar].

Di Makassar, Sulawesi Selatan, sedikitnya delapan jenis makanan yang beredar di sana dipastikan mengandung formalin dan boraks. Kepastian ini berdasarkan hasil uji laboratorium Balai POM Makassar terhadap 17 jenis makanan. Rata-rata dari sampel yang diuji, lebih dari setengahnya diawetkan dengan obat pengawet mayat. Makanan yang diuji mayoritas dari Pulau Jawa [baca: Delapan Jenis Makanan di Makassar Mengandung Formalin]. Atas temuan ini pihak Balai POM Makassar berjanji segera menghentikan peredaran makanan yang mengandung dua unsur berbahaya itu.

Maraknya penyalahgunaan formalin bisa jadi karena cairan bening ini mudah didapat. Para pedagang toko bahan kimia di Jakarta juga tak dapat berbuat banyak untuk melarang pembeli. Sebab, tak ada larangan mengenai ini. Salah satu cara yang dilakukan pedagang antara lain, menempelkan peringatan yang berisi larangan untuk mencampur formalin ke dalam bahan makanan.

Di lain pihak, gencarnya pemberitaan mengenai pemakaian formalin pada beberapa produk makanan membuat omzet penjualan anjlok. Penjual tahu di sejumlah pasar di Serang, Banten, misalnya yang turun hingga 25 persen. Tak terkecuali dengan Ujang. Pedagang tahu di Pasar Rau, Serang, ini mengaku hingga tengah hari baru melayani dua pembeli sehingga tahu yang ia jual masih menumpuk.(YAN/Tim Liputan 6 SCTV)

0 comments: