Friday, March 02, 2007

Tetap Sehat Meski Mengonsumsi Junk Food

Anda terbiasa mengonsumsi junk food? Padahal Anda tahu benar bahwa junk food mengandung banyak lemak, garam dan gula, termasuk bahan tambahan pangan atau aditif sintetik untuk menimbulkan citarasa (seperti MSG). Sebab itu junk food berpotensi menimbulkan banyak penyakit seperti obesitas, rematik akibat penimbunan purin, tekanan darah tinggi, serangan jantung koroner, stroke dan kanker.

Namun bagaimana bila Anda tidak bisa menghindarinya karena aktivitas yang padat, tip berikut ini bisa Anda ikuti agar tubuh Anda tetap sehat meskipun masih mengonsumsi junk food.

Sarapan yang tepat
Mulailah hari dengan mengonsumsi menu sarapan sehat seperti jus buah, susu rendah lemak, yogurt, sereal tinggi serat, dan buah. Orang yang berpola makan tinggi serat mencerna makanan secara lambat. Akibatnya, rasa lapar tertunda dan keinginan untuk mengasup makanan berlemak berkurang.


Hindari kulit fried chicken
Sebaiknya ketika Anda mengonsumsi fried chicken buang kulitnya. Kulit ayam, terlebih lagi ayam ras adalah sumber lemak jenuh dan kolestrol. Fried chicken atau ayam goreng menggunakan teknik penggorengan deep frying berkandungan lemak bahan yang digoreng jauh lebih besar dibandingkan bahan yang digoreng dengan teknik penggorengan biasa.

Pilih Nasi
Kandungan lemak dan sodium french fries sangat tinggi, jadi saat Anda mengonsumsi junk food, pilihlah nasi. Bila Anda membeli burger carilah jenis yang lebih banyak mengandung bahan nabati dibandingkan hewani. Jika memungkinkan perbanyak isi sayurnya, seperti selada, tomat, mentimun dan sebagainya.

Potong porsi dan ukuran
Jangan mencoba berpantang makan junk food karena Anda justru makin tergoda untuk mencomotnya. Jika ingin, belilah dalam porsi kecil lalu bagilah dengan rekan di sebelah Anda.

Mulai olahraga
Olahraga akan memompa endorfin, yaitu morfin alami dalam tubuh, untuk beredar ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga Anda jadi punya waktu sedikit untuk makan.

0 comments: