Monday, February 26, 2007

Tips Mencegah Kanker

Mendengar kata kanker pasti yang ada di benak Anda adalah penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Anda juga pasti berharap orang-orang tersayang di samping Anda tidak ada yang terserang penyakit mematikan ini.

Sampai saat ini penyebab pasti kanker belum dapat diketahui. Di jaman yang serba mahal ini, kita dituntut supaya bisa memproteksi diri sendiri untuk menghindari terserang penyakit ini salah satunya dengan cara belajar hidup sehat.
Berikut ada beberapa tips untuk menghindari penyakit kanker, yaitu :
1 . Berhenti Merokok
Bagi Anda yang perokok entah itu sigaret, cerutu atau rokok pipa, berhenti sekarang juga. Merokok merupakan sebab utama terjadinya kanker paru-paru . Jauhi anak-anak Anda dan ibu-ibu hamil dari asap rokok. karena sangat berbahaya bagi bayi yang dikandung.

2. Hindari Sinar Matahari
Lindungilah kulit Anda dengan memakai krim tabir surya. Sinar matahari yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada kulit dan kanker kulit.

3. Kurangi Makanan Berlemak
Makan makanan berlemak berlebihan menyebabkan kegemukkan yang nantinya akan berhubungan dengan kanker di kandungan, kandung empedu, payudara dan kolon. Diet tinggi secara langsung pun dapat menyebabkan terserang kanker kolon. Lakukan diet yang seimbang.

4. Banyak Makanan Berserat
Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti gandum, beras, sayuran dan buah-buahan, melindungi anda dari kanker kolorektal.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Yang Diasap, Bakar dan Diawetkan
Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti gandum, beras, sayuran dan buah-buahan, melindungi anda dari kanker kolorektal.

6. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin A dan C
Makanan yang mengandung vit.A dan C banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga, pepaya, tomat, brokoli yang dapat melindungi Anda dari kanker oesofagus, laring, lambung dan paru.

7. Perbanyak Konsumsi Sayuran Kubis
Sayuran yang termasuk dalam kubis misalnya kol, brokoli, bunga kol, bok coy dan kale ini dapat melindungi dari kanker lambung, kolesterol dan kanker saluran nafas.

8. Hindari Minuman Beralkohol
Banyak mengkonsumsi minuman beralkohol plus merokok, beresiko terserang kanker mulut, tenggorokan, laring dan oesofagus.

9. Periksakan Diri Secara Teratur
Usahakan untuk selalu memeriksakan diri secara teratur sebagai langkah awal mendeteksi penyakit sedini mungkin.

10. Pola Hidup Yang Seimbang
Makan yang cukup dan seimbang gizi. Seimbangkan antara bekerja, istirahat, rekreasi dan berolahraga, serta luangkan waktu Anda untuk selalu mendekatkan diri pada Tuhan dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit kanker.

Untuk Anda yang ingin 'jauh' dari kanker, mulailah hidup sehat dari sekarang. Bukankah ada pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati ?

0 comments: