Monday, February 26, 2007

Foods That Boost Your Immune

Lupa minum suplemen atau antibiotik demi menjaga kesehatan? Jangan khawatir. Tubuh Anda sudah didesain untuk menyerap kandungan obat yang dihasilkan makanan. Makanan apa sajakah yang mampu mencegah Anda terinfeksi ringan seperti oleh flu? Iriel Parmato membeberkan beberapa diantaranya.

1. Bawang Putih
Bawang putih menolong sistem kekebalan tubuh melawan bakteri, virus, bahkan infeksi jamur. Ini karena bawang putih mengandung allicin, ajoene dan thiosulfinates. Efek yang dihasilkan ketiga zat tadi kira-kira seperti neosporin saat mengobati luka kecil atau tinactin yang berfungsi sebagai antijamur jika dioleskan di kulit. Seperti yang disebutkan sebuah penelitian, banyak mengonsumsi bawang putih saat terserang flu akan membuat Anda lebih mudah sembuh.

2. Kerang
Jeli moluska dalam kerang yang terdiri dari zat seng (zinc) baik bagi sistem kekebalan tubuh membantu sel darah putih dan antibodi lainnya bereproduksi lebih cepat dan membuatnya lebih agresif melawan infeksi. Akan tetapi, mengonsumsi kerang saat flu tidak diperkenankan. Anda juga harus hati-hati mengkonsumsi terlalu banyak zinc menghidarkan absorso zat tembaga dan besi dalam tubuh yang menyebabkan anemia. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin meningkatkan konsumsi zinc.

3. Wortel
Wortel mengandung banyak beta karotin sumber energi phytonutrient yang memacu produksi sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi sel pembunuh alami dan sel T. Sel sehat yang dihasilkan tubuh. Sel ini menyerang tubuh serta membunuh mikroba penyakit. Wortel juga mengandung falcanirol yang menjanjikan sebagai agen anti-kanker. Bagaimana cara mengonsumsi wortel yang baik? Makan wortel mentah-mentah. Lalu, berapa jumlah wortel yang sebaiknya dikonsumsi untuk memberikan manfaat? Cobalah makan setengah cangkir wortel per hari.

4. Yogurt
Tubuh kita membutuhkan bakteri hiduo tertentu agar pencernaan berfungsi secara tepat. Lactobacillus acidophilus merupakan contoh bakter yang bermanfaat itu karena ia menghasilkan asam lactic dalam perut yang membantu Anda mencernakan makanan. Tanpa acidophilus kita tidak mampu mengabsorpsi banyak nutrisi, dan sistem kekebalan tubuh kita pun terhenti. Tambahan, acidophilus secara aktif melawan bakteri penyebab penyakit, seperti salmonella dan shigella yang melawan disentri.

0 comments: