Tuesday, January 16, 2007

Lorem Ipsum

Kisah nyata salah seorang temen di BPPN dulu:
Dia (ibu2 pegawai HRD usia 40-an) abis meeting sama orang-orang dari Divisi Komunikasi (alias Public Relation alias Humas). Balik ke ruangan dengan tampang takjub.
"Pada tau nggak sih, orang-orang Divisi Komunikasi itu kualifikasinya apaan?"
"Kenapa emang mbak?"
"Mereka itu hebat sekali deh. Aku barusan dari tempat mereka, dan tau nggak, mereka lagi buka-buka teks berbahasa Itali! Gila banget, satu divisi bisa bahasa Itali semua!"

Setelah diselidiki, teks berbahasa "Itali" yang disaksikan sama si mbak kita itu adalah:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In metus. Ut sem. Integer ut lacus. Aliquam erat volutpat. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Ut pharetra, nunc in facilisis fermentum, ante metus egestas velit, iaculis volutpat dolor metus condimentum risus. Nullam ac massa eget libero pulvinar luctus. Nunc nec metus ut nibh faucibus fermentum. Ut consequat sapien eu velit. Mauris dolor tellus, pellentesque sit amet, molestie cursus, accumsan ut, ante.
dst, dst.

Kabar buruk, mbak. Itu bukan bahasa Itali.

Lorem Ipsum adalah teks yang sering digunakan sebagai placeholder text. Biasanya yang sering main-main beginian adalah orang2 yang kerjanya berurusan sama lay-out seperti periklanan, majalah, atau koran. Kalo elo ngelay-out majalah, tapi belum punya teks asli yang akan dipasang di sana, lo pake si lorem ipsum ini sekedar untuk ngasih gambaran seperti apa nanti hasil akhirnya.

Tapi, yang gue masih penasaran, apa sih artinya "lorem ipsum"?
Cecil Adams dari Straightdope.com menjelaskan:
Lorem ipsum adalah pseudo-latin, atau tampangnya sih latin, tapi sebenernya bukan. Tapi, dia betul2 berasal dari bahasa Latin betulan, yang dicomot-comot dan dipenggal-penggal secara asal-asalan. Kalimat lengkapnya berbunyi:

Neque porro quisquam est qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit . . .
("There is no one who loves pain itself, who seeks after it and wants to have it, simply because it is pain . . .").

Teks ini berasal dari teks berjudul De finibus bonorum et malorum yang ditulis pada abad 45 sebelum masehi oleh Cicero. Ajaibnya, teks ini bertahan sebagai standar placeholder text sejak tahun 1500-an, di awal mulanya teknologi percetakan massal ditemukan! Jadi praktis semua orang di seluruh dunia pada kompakan make text itu, tanpa perubahan, selama hampir 5 abad.

Selain untuk lay-out, Lorem Ipsum juga bisa lo manfaatkan dalam situasi2 sebagai berikut:

  1. Mau nulis surat ke pacar tapi lagi nggak punya bahan obrolan.
  2. Ada tugas makalah saat lagi males mikir.
  3. Lagi kepingin ngabis2in pulsa sms.
  4. Abis bikin lagu tapi belum nemu teksnya.
  5. Sebagai bahan proposal untuk tender proyek2 pemerintah. Dijamin gol selama komisi ok (huhuhu... politis lagiiii)
Kalo butuh teks lorem ipsum, bisa dateng ke lipsum.com, di sana ada lorem ipsum generator!

content by mbot

0 comments: