Monday, November 13, 2006

World Trade Center

Siapa yang tidak terperangah ketika mendengar ataupun menyaksikan peristiwa tragedi 11 september 2001, ketika 2 pesawat komersil berhasil dibajak dan ditabrakan ke gedung World Trade Center Amerika.

Film mengenai kisah kelam 11 september diangkat dengan mengambil judul World Trade Center dan dibesut oleh sutradara Oliver Stone yang terkenal kritis serta juga sering dianggap membuat film dengan menyudutkan kebijakan-kebijakan pemerintah Amerika Serikat.

Kita tentu ingat bagaimana Stone membuat sebuah film JFK yang penuh dengan teori Konspirasi di balik pembunuhan presiden Amerika John F Kennedy. Berhasil membuat merah muka pemerintah Amerika dengan menghasilkan film Platoon dan Salvador. Serta juga memikat penonton lewat film Born on the Fourth of July dan The Doors.

Film World Trade Center diangkat melalui cerita nyata dua polisi New Jersey yang ditugaskan menjadi sukarelawan pada saat WTC ditabrak. Saat mereka berupaya menolong evakuasi para pekerja di WTC, gedung ambruk yang akhirnya membuat mereka terperangkap dalam runtuhan gedung.

Dua polisi tersebut bernama John McLoughin (Nicolas Cage) serta Will Jimeno (Michael Pena). John dan Will bertahan sambil menunggu bantuan untuk mengeluarkan mereka dari timbunan beton gedung WTC yang telah runtuh.

Di sisi lain diceritakan bagaimana istri John & Will yang harus menunggu kabar apakah suami mereka masih hidup atau tidak diantara reruntuhan. Kisah dramatis dengan tingkat permainan emosi para tokoh coba dimainkan Oliver Stone dalam membesut film ini.

Yang cukup mengejutkan dalam film ini, ketika Oliver Stone tidak memasukan unsur politis ke dalamnya. Tidak ada penyudutan baik kepada pemerintah Amerika ataupun kepada pihak AL-Qaeda yang dituding penanggung jawab peristiwa ini. sikap politik Stone yang seringkali harus berlawanan dengan kebijakan pemerintah Amerika juga dikesampingkan oleh Stone.

Stone hanya fokus bagaimana meramu kisah drama yang menyentuh lewat sisi John dan Will serta sisi para istri mereka yang menunggu kabar akan keberadaan suami mereka.

Akting Nicolas Cage terlihat cukup baik walaupun tidak mendapatkan porsi banyak dalam film ini. kesungguhan Cage berperan menajdi John telrihat menarik saat tatapan mata John ketika berada terjepit dalam reruntuhan gedung yang ambruk.

Michael Pena bermain cukup apik dalam berperan sebagai Will Jimino. Kepanikan serta sempat mengalami putus asa dalam diri Jimino, tergambar cukup emosional dalam akting Michael Pena.

Nilai plus dapat diberikan kepada Maggie Gyllenhall yang berperan sebagai Allison Jimeno, istri Will Jimino. Maggie terlihat sangat lepas dan sangat emosional dalam mendalami karakternya.

Secara keseluruhan, Stone berhasil membuat sebuah film yang cukup baik ketika kita kembali berpaling pada tragedi kelam 11 September. Stone berhasil membuat WTC tanpa agenda politik untuk pihak manapun. Stone berhasil menjadikan beberapa dialog menjadi sangat dramatis tanpa melebih-lebihkan. Walaupun kekurangan film ini adalah berjalan cukup membosankan pada pertengahan film, namun untuk sebuah film yang mengambil tema cerita cukup berat, Stone berhasil mengundang emosi yang dalam, tanpa agenda politik !!!!! (John Tirayoh)

0 comments: