Thursday, November 02, 2006

Trik Mengusir Flu

Musim hujan berkepanjangan seperti saat ini mudah mengundang serangan flu. Parahnya lagi, serangan flu kerapkali disertai demam dan sakit kepala yang sangat mengganggu. Risiko terserang flu biasanya meningkat pada lansia (berusia lebih dari 65 tahun) atau pengidap penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabtes, paru-paru, asma.

Nah jika Anda enggan 'disambangi' flu, lakukan beberapa cara berikut:

  1. Kuatkan tubuh Anda. Tubuh yang sehat dan pikiran tenang merupakan benteng utama Anda terhadap flu, tegas Frances Slater, prisiden Association for Professionals ini Infection COntrol and Epidemiology, sebuah kelompok pencegahan infeksi yang bergiat di Washington, D.C., Amerika Serikat. Redakan stres Anda, tidurlah yang cukup (8 jam, tapi bagi sebagian orang tidur lelap tanpa terbangun selama 6 jam sudah cukupmemuaskan), dan berolahraga secara teratur.

  2. Cuci tangan. Kebanyakan penularan virus flu terjadi akibat kontak jabat tangan. Sering-seringlah mencuci tangan setiap kali Anda berjabat tangan atau berkunjung ke tempat umum, apalagi jika hendal memegang makanan. Disarankan mencuci tangan menggunakan air hangat yang mengalir selama 15 detik, lebih baik lagi bila menggunakan sabun antiseptik. Setiap kali usai berkunjung di tempat umum, misalnya mal atau pasar, cuci tangan lebih teliti. Selain bagian telapak tangan dan sela-sela jari tangan.

  3. Cukup minum. Selama 'musim' flu, usahakan Anda minum dalam jumlah yang mencukupi. Biasanya sekitar 2.000 ml. Namun bisa lebih, terutama jika Anda berada di lingkungan yang lebih banyak menguras cairan tubuh, misalnya berada terus-menerus dalam ruangan ber-AC, melakukan aktivitas fisik yang berat, berada di bawah terik matahari. Jangan sampai Anda kekurangan minum.

  4. Perkaya asupan nutrisi Diantara minuman yang Anda habiskan, sebagian dianjurkan berupa jus buah segar. Selain menyegarkan, jus buah berlimpah vitamin C serta betakaroten, yang merupakan antioksidan kuat pelawan flu yang ampuh. Hindari makanan awetan/olahan/instan yang telah banyak mengalami kerusakan gizi, kecuali makanan olahan tradisional dengan cara fermentasi seperti tempe dan yogurt. Utamakan makanan segar. Tanaman jejamuan yang rasanya pahit umumnya bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti daun pepaya, daun sambiloto, batang brotowali, pare. Mengkonsumsi jamu pait-paitan ini terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan mencegah flu.

0 comments: