Thursday, November 02, 2006

Padu Padan Es Krim

Es krim? Menyebut namanya di saat udara panas saja bisa membuat air liur menitik. Jenis dessert ini selalu jadi incaran saat pesta. Dengan sedikit trik dan kreasi, aneka sajian es krim bisa Anda tampilkan di saat pesta. Rasanya enak, tampilannya pun cantik! Simak saja info berikut ini.

Jenis es krim: Es krim bukan hanya dibedakan berdasarkan jenis bahan yang dipakai tetapi terutama dari kualitasnya. Jika ingin menyajikan es krim dengan ras prima maka tak ada pilihan lain kecuali memilih es krim berkualitas yaitu es krim dengan bahan-bahan segar dan alami. Berbagai merk es krim impor yang ternama sudah dpaat dibeli di pasaran terutama pasar swalayan besar.

Wadah: Untuk penyajian kecuali gelas atau cone es krim siap beli bisa dipakai biskuit, irisan bolu, croissant, kue sus atau crepe untuk penyajiannya. Pilih bahan untuk wadah yang mudah dibuat, mudah diisi dan tahan terhadap cairan sehingga saat disajikan tidak bocor. Setelah diisi sebaiknya bekukan kembali agar lebih tahan lama saat disajikan. Misalnya, isi kue susu dengan es krim lalu simpan dalam lemari es hingga beku. Sajikan dengan buah beku dan aneka saus sesuai selera.

Saus: Saus merupakan bahan untuk menambah cita rasa pada es krim. Padu padankan saus sesuai dengan rasa es krim. Siapkan saus dalam botol yang berlubang ujungnya sehingga mudah dikeluarkan. Jenis saus yang mudah dipadu padan antara lain; saus cokelat, saus vanili, saus strawberry, saus mangga atau peach.

Taburan: Untuk mempercantik penampilan es krim dan memperkaya tekstur bisa ditambahkan berbagai jenis taburan. Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete atau almond cincang, irisan tipis almond, buah-buahan kering, cokelat yang dicincang halus atau chocolate chips, kelapa sangrai, marshmallow dan meringue yang dimemarkan halus.

Segera: Es krim merupakan jenis dessert beku karenanya harus disajikan dalam keadaan beku atau keras. Jika sudah meleleh atau lumer, cita rasanya menjadi kurang enak, teksturnya juga kurang bagus dan penampilannya berkurang. Jadi, sajikan es krim sedekat mungkin dengan waktu menyantapnya. (ely/Odi)

0 comments: