Monday, November 13, 2006

Mengambil setting tahun 1947, film Black Dahlia berkisah mengenai misteri pembunuhan yang dijuluki dengan nama Black Dahlia. Untuk memecahkan kasus Black Dahlia, ditugaskan 2 detektif terbaik saat itu, Bucky Bleichert (Josh Hartnett) dan Lee Blanchard (Aaron Eackhart).

Lee Blanchard yang begitu ngotot memecahkan kasus tersebut, membuat hubungannya dengan Kay (Scarlett Johansson) pasangannya, retak. Sementara itu, Bucky terlibat hubungan asmara dengan Madeleine Linscott (Hillary Swank) yang sepertinya mengetahui banyak kasus pembunuhan tersebut.

Brian De Palma berhasil menghadirkan nuansa tahun 40-an secara nyata. Penggambaran Los Angeles tahun 40-an terlihat dikerjakan dengan cermat, Walaupun sebenarnya film ini mengambil lokasi syuting di Bulgaria.

Akting kwartet pemain Josh Hartnett, Aaron Eackhart, Scarlett Johansonn, serta Hilarry Swank cukup kuat dalam menjiwai perannya masing-masing. Nila tujuh dapat diberikan kepada kwartet ini.

Ciri khas Brian De Palma sendiri tidak berbeda jauh dari film-film sebelumnya. Gaya serta angle pengambilan gambar khas De Palma menambah plus film ini. Film ini akan lebih bagus jika alur cerita lebih fokus pada kasus Black Dahlia, tidak lebih condong pada kisah percintaan di antara mereka berempat.

Secara keseluruhan film ini sama seperti kisah pemecahan kasus pembunuhan yang sangat complicated namun membuat penonton cukup penasaran. Kasus Black Dahlia berhasil diramu dengan akting kuat para pemain utama. Tangan dingin De Palma mentransformasi kisah yang diangkat dari novel karya James Ellroy ke dalam layar lebar juga dapat dikatakan cukup berhasil. (John Tirayoh)

0 comments: