Tuesday, November 07, 2006

The Guardian

Judul: The Guardian
Sutradara: Andrew Davis
Pemain: Kevin Costner, Ashton Kutcher, Neal McDonough, Melissa Sagemiller, Clancy Brown, Sella Ward, dll
Produser: Armyan Bernstein, Charlie Lyons, Zanne Devine
Distributor: Buena Vista Pictures Distribution
Genre: Action drama
Durasi: 139 menit

Sudah banyak karakter pahlawan diangkat Hollywood ke layar bioskop. Mulai dari pemadam kebakaran, polisi, SWAT sampai dokter dan bidan. Terinspirasi dari Huricane Katrina yang melanda New Orleans setahun lalu, Touchstone Pictures dan Beacon Pictures mempersembahkan The Guardian, yang mengangkat Coast Guard Rescue Swimmer sebagai karakter sentral.

Walau jarang disorot media, Coast Guard Rescue Swimmer telah menjadi salah satu profesi dalam militer yang paling dihormati. Program pelatihannya diangap sebagai yang terberat dalam sejarah pelatihan militer -- dimana hanya 50% dari pendaftar yang diterima. Pembentukan program ini dicetuskan Kongres pada tahun 1984, ketika sebuah kapal kargo kehilangan 31 orang awaknya dalam badai besar di Eastern Seabord, dan hanya satu helikopter Naval yang datang untuk menyelamatkan.

Dalam The Guardian, Kevin Costner adalah Ben Randall, rescue swimmer senior yang melegenda karena dedikasinya yang tinggi pada profesinya. Setelah kehilangan krunya dalam sebuah penyelamatan, Randall "dipaksa" mengajar di "A" School, sebuah program training untuk mencetak para rescue swimmer andal. Sebagai pelatih senior, Randall menerapkan metode pelatihan yang sangat berbeda dari metode yang lama. Ia mengubah seluruh program dengan metodenya yang tidak konvensional dan out-of-box. Pada akhirnya, metode a la Randall inilah yang menggambarkan secara tepat apa yang akan dilakukan para Coast Guard Rescue Swimmer di lapangan.

Ashton Kutcher adalah Jake Fischer, anak muda arogan dalam pelatihan yang hobinya mencetak rekor. Motivasinya ikut training bagi Randall tidak jelas, tapi ia melihat potensi besar dalam diri Fischer yang bisa menempatkannya sebagai best of the best, hanya kalau si arogan itu bisa mengkombinasikan bakatnya dengan dedikasi tinggi. Ditempa oleh metode pelatihan ciptaan Randall, Fischer berhasil membuktikan dirinya mampu berdiri sama tinggi dengan sang legenda itu sendiri.

Movie-wise speaking, The Guardian film yang biasa-biasa saja. Artinya, sebagai sebuah mentor-student movie, chemistry antara Costner dan Kutcher belum sekuat Robert Redfor-Brad Pitt dalam Spy Game, Denzel Washinton-Ethan Hawke dalam Training Day atau Al Pacino-Colin Farel dalam The Recruit. Tapi cukup mengasyikkan juga melihat 2 aktor beda generasi ini beradu akting. Film ini jelas merupakan zona aman untuk Costner, yang tampaknya cukup babak belur dengan prestasi yang ditoreh film-filmnya terdahulu (The Postman, Message In The Bottle, Dragonfly, dan yang paling parah, 3000 Miles to Graceland). Setelah Open Range, The Guardian adalah filmnya yang paling 'menyenangkan' untuk ditonton.

Sementara Ashton Kutcher, setelah berkutat cukup lama dalam genre komedi, penampilannya di sini juga cukup menyegarkan. Setelah Buterfly Effect, rasanya The Guardian adalah pembuktikan Ashton Kutcher sebagai 'aktor serius'. Oya, sepertinya suami Demi More ini menggunakan karakter Tom Cruise dalam Top Gun sebagai referensi utama.

Sebagai film bertema everyday hero, elemen patriotik dalam The Guardian sangat tipikal dan tak menyajikan apapun yang baru. Ada terlalu banyak everyday-hero movie yang sudah lebih dibuat -- sebut saja Armageddon dan Ladder 49 -- sehinga menonton The Guardian seperti menonton dua film tersebut. Hanya karakter pahlawan nya saja yang berbeda.

Tapi The Guardian memiliki keistimewaan tersendiri. Dialog-dialognya -- walau tak demanding seperti film-film art house -- tapi well-written. Skripnya memberikan porsi yang pas untuk humor-humornya yang renyah dan, di beberapa adegan, benar-benar lucu.

Technical-wise, teknik-teknik penyelamatan yang dilakukan para Coast Guard Swimmer digarap dengan cukup baik. Dalam hal ini, film maker The Guardian mendapat bantuan maksimal dari Coast Guard sendiri. Dan sebenarnya, inilah inti dari The Guardian: berusaha membuka mata dunia bahwa masih ada sekelompok orang di luar sana yang akan rela berjuang jiwa raga demi menyelamatkan para korban yang tertimpa bencana.

Pendek kata, bila Anda menyukai Armageddon dan Ladder 49, dan tidak keberatan dengan ending-nya yang oh sungguh patriotik, The Guardian adalah film Anda. (putri)

0 comments: