Thursday, November 02, 2006

Goodnight Nobody

Buku terbaru Jennifer Weiner yang keluar dari pakem khasnya selama ini. Penulis In Her Shoes (telah difilmkan oleh Twentieth Century Fox dengan bintang Cameron Diaz dan Tony Colette) ini banting setir ke genre misteri.

Setelah menikah dan melahirkan, Kate Klein memutuskan berhenti bekerja untuk mencurahkan waktu bagi suami dan ketiga anaknya, Sophie dan si kembar Jack dan Sam. Menikah dengan Ben yang baik tapi kaku, membuatnya tinggal di Upchurch, Connecticut, kota yang sangat menantang untuk kemampuan beradaptasi Kate. Sebagai mantan jurnalis yang sudah terbiasa dengan kehidupan slebor dan tak teratur, tinggal di Upchurch tak semudah yang dibayangkan. Para ibu rumah tangga Upchurch adalah tipe "Mommy & Me" yang sangat modis, organized dan children oriented -- tidak cocok dengan penampilan dan gaya hidup Kate yang santai dan slebor.

Hidup Kate berubah ketika ia menemukan mayat Kitty Cavanaugh, salah satu ibu rumah tangga Upchurch yang mati terbunuh, dan memutuskan untuk menyelidiki kematiannya.

Witty dan seru! Dua kata itu yang pantas disematkan untuk menggambarkan novel keempat Jennifer Weiner. Sebagai penulis novel best-seller Good in Bed, In Her Shoes dan The Earhquake, tulisan Weiner khas karena humor-humornya yang smart, sedikit usil khas perempuan, tapi jenaka. Dalam Goodnight Nobody, selera humornya yang khas terutama muncul ketika menggambarkan gap yang terjadi antara Kate dan ibu-ibu Upchurch.

Menariknya, tidak seperti ketiga novelnya yang terdahulu, Goodnight Nobody kental dengan nuansa misteri: termasuk genre yang belum pernah dicoba Weiner. Menariknya, efek misteri yang dirangkumnya cukup berhasil, walaupun belum bisa menggelitik minat para mania genre ini. Hal ini sebenarnya bisa jadi pedang bermata dua, mengingat penggemar Weiner kebanyakan datang dari kalangan pencinta chic lit yang tidak biasa melihat Weiner ber-misteri ria. Tapi muatan misteri di sini cukup proporsional, artinya tidak berat tapi juga tidak ringan melayang. Cukup oke untuk materi film keduanya setelah In Her Shoes diangkat Twentieth Century Fox diangkat ke layar lebar dengan memasang Cameron Diaz dan Tony Colette sebagai bintang utama. (putri)

0 comments: