Wednesday, October 18, 2006

Waspada! Ponsel Rentan Disambar Petir

Ni Ketut Susrini - detikInet
Petir (insurevents.com)
London, Saat di luar sedang banyak petir, berkomunikasi dengan ponsel harus lebih hati-hati karena beresiko disambar petir.

Para dokter di Inggris menyampaikan imbauan tersebut, usai menangani kasus tersambar petir yang dialami seorang gadis berusia 15 tahun. Korbannya memang tidak sampai meninggal, namun korban mengalami masalah kesehatan serius, dan harus memakai kursi roda selama satu tahun.

Kasusnya memang langka, tapi para dokter menilai penting adanya edukasi mengenai hal itu. "Fenomena langka ini merupakan masalah kesehatan. Perlu ada pendidikan untuk mengingatkan bahaya menggunakan ponsel di luar ruangan saat banyak petir, untuk mencegah konsekuensi fatal di kemudian hari," kata Swinda Esprit, seorang dokter dari Northwick Park Hospital di Inggris.

Esprit dan para dokter lainnya di rumah sakit tersebut, dalam suratnya ke British Medical Journal mengatakan, ketika seseorang tersambar petir biasanya mereka mengalami luka bakar di tubuh.

Jika resistansi kulitnya tinggi, luka bakar akan terjadi di bagian luar. Tapi, jika bahan logam seperti ponsel bersentuhan langsung dengan kulit, akan memperparah luka bakar bahkan menyebabkan kematian.

Para dokter menambahkan, sudah ada tiga kasus fatal berkenaan dengan orang-orang yang tersambar petir saat menggunakan ponsel. Kejadiannya telah diberitakan surat kabar di Cina, Korea Selatan dan Malaysia.

"Standar Perlindungan Listrik di Australia menyarankan agar alat-alat yang terbuat dari logam, termasuk ponsel dan telepon cordless, tidak dipakai di luar ruangan saat sedang banyak petir," papar Esprit. Demikian dikutip detikINET

0 comments: