Wednesday, October 18, 2006

Gu Long

Gu Long, yang memiliki nama asli Xiong Yaohu (1937-1985), merupakan penulis cerita silat terpopuler di Taiwan. Keluarganya berasal dari propinsi Jiangxi, China, dan Gu Long lahir di Hong Kong pada tahun 1937. Pada saat berumur 13 tahun, ia pindah ke Taiwan bersama kedua orangtuanya, yang bercerai tidak lama setelah itu.

Pada masa awal hidupnya di Taiwan, Gu Long tinggal di sebuah kota tua bernama Ruifang di pinggir kota Taipei, dan mengambil studi di jurusan Inggris sebuah akademi terkemuka Tamkang English Junior College (sekarang bernama Universitas Tamkang). Tidak seperti kebanyakan orang yang berusaha keras menyelesaikan studinya agar dapat bekerja di kota besar, Gu Long tidak menyelesaikan studinya dan malah kembali ke kota kecilnya untuk menjalani kehidupan tenang dan mewujudkan impian hidupnya: mengarang buku.

Gu Long mulai menulis novel di usia 11 tahun dan memperoleh royalti tulisannya yang pertama di usia 19 tahun. Tema utama novel dan prosanya pada awalnya adalah cinta, namun namanya baru melambung dan dikenal orang saat teman-temannya mendorongnya untuk menulis novel cerita silat. Pada awal tahun 60-an Gu Long, di usianya yang ke-23, berkonsentrasi penuh menulis cerita silat. Kisah cinta dalam novel-novel silatnya begitu realistis, mungkin karena pengalamannya sekian tahun menulis kisah cinta, dan gaya penulisannya begitu unik dan orisinil.
Karir Menulis
Karya Gu Long muncul pada waktu yang tepat saat novel cerita silat sedang digemari baik di Taiwan maupun di Hong Kong. Karir menulisnya yang berlangsung lebih dari 20 tahun secara kronologis dapat dibagi ke dalam 3 periode utama. Karya-karyanya yang ditulis pada periode pertama, seperti Cangqiong Shen Jian dan Piao Xiang Jian Yu, tidak berbeda dengan karya-karya novelis-novelis umum lainnya.

Pada periode yang kedua barulah Gu Long mengekspresikan gayanya yang khas dan unik serta pemikirannya yang dalam. Karyanya seperti Da Qi Yingxiong Zhuan dan Juedai Xuang Jian (Pendekar Binal/The Remarkable Twins) telah mampu menempatkan dirinya sejajar dengan tiga novelis utama Taiwan, Zhu Qingyun, Wo Longsheng, dan Si Maling; mereka berempat disebut dengan “The Four Masters of Taiwan”. Setelah itu muncullah karya-karyanya yang paling terkenal, seperti Chu Liu Xiang (Pendekar Pencabut Nyawa) dan Duoqing Jianke Wuqing Jian (Pendekar Budiman/Romantic Swordsman). Cerita Chu Liu Xiang yang menggabungkan cerita silat, detektif, dan tema cinta, begitu mempesona dan diakui sebagai kisah Sherlock Holmes-nya Asia.

Meski Gu Long tidak pernah berhenti menemukan ide-ide baru untuk menghibur para pembacanya, cerita-cerita yang dibuatnya di periode yang terakhir dalam perjalanan karirnya tidak disambut sebaik buku-buku yang ia tulis sebelumnya. Setelah tahun 1975 karyanya menjadi semakin buruk, dan gayanya telah banyak ditiru oleh para penulis pendatang baru. Saat gayanya memudar, kejayaan novel-novel cerita silat pun turut surut bersamanya.

Sebuah Pribadi yang Kontroversial
Gu Long merupakan seorang yang berkepribadian unik dan kontroversial. Ia hanya mau berbicara dengan mereka yang dikenalnya dengan baik. Ia selalu memulai penulisannya dengan memotong kukunya terlebih dahulu (temannya menjelaskan bahwa sesungguhnya Gu Long menggunakan waktu tersebut untuk menyusun dalam benaknya alur cerita yang akan ditulisnya). Ia kadang duduk dan berbaring di atas sebuah papan tulis, karena percaya dengan melakukan itu inspirasi akan mengalir memasukinya.

Gu Long sangat suka minum alkohol dan merupakan seorang perokok berat. Ia dapat menghabiskan rata-rata 2 bungkus rokok dalam semalam penyusunan novelnya. Ia juga memiliki reputasi yang buruk di mata penerbit-penerbit, karena ia meminta pembayaran royalti yang tinggi di muka kepada penerbitnya, namun kemudian gagal menyelesaikan novelnya sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Akan tetapi penerbit-penerbitnya tersebut menerima saja dari waktu ke waktu, karena mereka takut kehilangan Angsa Emas mereka tersebut.

Kisah Cinta
Kesempurnaan hidup di mata Gu Long terdiri dari pena, alkohol, dan wanita cantik. Ia menikah 2 kali dan keduanya berakhir dengan perceraian. Dari ke-2 pernikahannya itu ia dikaruniai 3 orang putra dan sebuah luka batin yang mendalam. Kegagalannya dalam membina keluarga mungkin dapat dikatakan karena sifatnya yang suka berfoya-foya.

Namun meski gagal dalam 2 pernikahannya tersebut, Gu Long tidak pernah kekurangan wanita cantik dalam hidupnya. Dunia literatur pada waktu itu begitu penasaran mengapa seorang Gu Long yang tampangnya biasa-biasa saja dapat memikat begitu banyak wanita cantik. Sebagian mengatakan bahwa itu dikarenakan kekayaannya, namun Ding Qing murid dari Gu Long, yang mengenalnya dengan baik, mengatakan bahwa karisma Gu Long ada dalam kesepiannya – dan itulah yang telah memikat begitu banyak wanita cantik.

Wanita-wanita yang mengenal Gu Long mengerti bahwa ia adalah seorang laki-laki kesepian yang mengejar hal-hal yang baru karena hatinya yang penuh dengan kesepian. Karenanya, Gu Long telah mencintai banyak wanita, namun tidak ada satu hubungan pun di antaranya yang berlangsung lama.

Meski Gu Long tidak dapat hidup tanpa teman wanita, ia seringkali mengabaikan wanita yang dicintainya untuk bisa bersama-sama dengan teman-temannya. Sikapnya ini, yang menganggap teman wanita mudah dicari namun sahabat baik sulit untuk ditemukan, telah menimbulkan kebencian di hati teman-teman wanitanya, begitu juga sikapnya yang menganggap hidup ini dengan tidak serius. Akibatnya ke-2 wanita yang menceraikannya dan wanita-wanita lain yang pernah dekat dengannya semua berakhir dengan tidak pernah dapat mengampuni sikapnya itu.

Gu Long sebenarnya ingin mengubah cara hidupnya, namun ia tidak mampu. Ia tidak ingin orang lain seperti dirinya. Ia sadar betapa banyak hutang cinta yang dimilikinya.

Kehidupannya yang Singkat
Gu Long menjadi termasyur di usia muda, namun ia juga meninggal di usianya yang masih muda, pada umur 48 tahun, tanggal 21 September 1985. Ia mati karena alkohol. Alkohol telah menjadi sahabatnya melewati masa susah dan senangnya, namun juga telah menjadi penyebab kerusakan hatinya (Gu Long mengidap sakit pengerasan di hatinya/hepatocirrhosis).

Pada tanggal 21 September 1985 Gu Long jatuh koma, dan kata-kata terakhirnya adalah: “Mengapa tidak ada salah seorang teman-teman wanitaku yang datang mengunjungi aku?” Malam itu pukul 6:06pm, di rumah sakit Tri-service Taipei, Gu Long mengakhiri penjalanan hidupnya, meninggalkan lingkaran karya tulisnya dan dunia ini untuk selamanya.

Para penggemar karya-karyanya terkejut dengan berita tersebut. Teman-teman baiknya menitikkan air mata di depan batu nisannya, tidak mempercayai kepergian Gu Long yang begitu cepat tersebut. Namun, hampir tidak ada seorang pun sanak-saudara, termasuk wanita-wanita yang pernah pernah satu waktu dekat dengannya, hadir pada acara penguburannya.

Para profesional menulis untuk mengungkapkan penyesalan mereka akan perginya Gu Long: Ngai Hong berkata, orang menggunakan Jin Yong sebagai panutan sebelum munculnya novel-novel Gu Long. Hanya Gu Long yang dapat mendobrak keteladanan Jin Yong tersebut dan menciptakan sebuah gaya yang baru. Insan televisi dan dunia film berkomentar bahwa karya Gu Long merupakan sebuah terobosan dalam sejarah novel-novel cerita silat.

Gu Long tidaklah mati, karena karya-karyanya akan tetap bersama dengan kita, teristimewa kreativitasnya yang telah memberi kita cara berpikir yang baru.

Karya-karyanya :
1960> Cangqiong Shen Jian / Divine Sky Sword
1960> Yue Yi Xing Xei / Eerie Moon and Evil Star
1960> Jian Qi Shu Xiang / The Aura of the Sword and the Fragrance of the Book (Bagian kedua ditulis oleh Mo Yusheng)
1960> Xiang Fei Jian / Lady Xiang's Sword
1960> Jian Du Mei Xiang / The Poisonous Sword and the Fragrant Plum Blossom (Kebanyakan ditulis oleh Shangguan Ding)
1960> Guxing Zhuan / The Lonestar Swordsman
1961> Shi Hun Yin / The Story of the Lost Soul
1961> You Xia Lu / The Tale of a Wandering Swordsman
1962> Hu Hua Ling / Flower-Guarding Bell / Amanat Marga
1962> Cai Huan Qu / Tune of the Colourful Ring
1962> Can Jin Que Yu / Broken Gold and Incomplete Jade
1963> Piao Xiang Jian Yu / Lingering Fragrance in the Rain of Sword
1963> Jian Xuan Lu / The Tale of a Remarkable Sword
1963> Jianke Xing / The Journey of a Swordsman
1964> Huan Hua Xi Jian Lu / The Tale of Refining the Sword Like Cleansing the Flower / Misteri Kapal Layar Panca Warna
1964> Qingren Jian / The Lover's Sword
1965> Da Qi YingXiong Zhuan (Tie Xie Da Qi) / The Legend of the Passionate Daqi Hero
1965> Wulin Wai Shi / A Fanciful Tale of the Fighting World / Pendekar Baja
1966> Ming Jian Fengliu / A Graceful Swordsman / Renjana Pendekar (Bagian penutupnya ditulis oleh Qiao Qi)
1967> Jueidai Xuang Jian / The Remarkable Twins / Pendekar Binal
?> Chu LiuXiang Chuanqi / The Legend of Chu LiuXiang / Pendekar Pencabut Nyawa
1968> Xie Hai Piao Xiang / Lingering Fragrance in the Sea of Blood / Maling Romantis
1969> Da Shamo / The Great Desert / Rahasia Ciok Kwan Im
1970> Huamei Niao / The Thrush / Peristiwa Burung Kenari
?> Chu Liu Xiang / Sequel to Chu Liu Xiang
1970> Gui Lian Xia Qing / The Love Story of A Ghost and a Swordsman / Pendekar Harum
1970> Duoqing Jianke Wuqing Jian / The Sentimental Swordsman and the Ruthless Sword / Pendekar Budiman Dikenal juga sebagai Little Lee's Flying Dagger/Romantic Swordsman
1971> Bianfu Chuanqi / The Legend of the Bat
1971> Huanle YingXiong / A Merry Hero / Pendekar Riang
1971> Da Renwu / A Big Shot / Tokoh Besar
1972> Taohua Chuanqi / The Legend of the Peach Blossom
1973> Xiao Shiyi Lang / The Legend of the Deer-Carving Sabre / Cinta Kelabu Seorang Pendekar Dikenal juga sebagai Treasure Raiders
1973> Liuxing, Hudie, Jian / Shooting Star, Butterfly, Sword
1974> JiuYue Ying Fe / The Eagle Flying in September / Gadis Boneka
?> Qi Zhong WuQi / Seven Kinds of Weapons
1974> Changsheng Jin / Longevity Sword / Pedang Panjang Umur
1974> Biyu Dao / Jade Sabre / Golok Kemala Hijau
1974> Kongque Ling / Peacock Feather / Badik Merak
1974> Duoqing Huan / Sentimental Ring
1975> Bawang CIANG / King Spear
1975> Tianya, Mingyue, Dao / The End of the World, The Bright Moon, The Sabre / Peristiwa Bulu Merak
1975> Qi Shashou / Seven Assassins
1975> JiAn, Hua, Yianyu, Jiang Nan / Sword, Flower, Misty Rain, South of the Yangzi River
1975> Ciangshou, Shouqiang / The Gunman and the Pistol (cerita pertarungan modern menggunakan pistol)
1975> San Shaoye De Jian / The Sword of the third little master / Pendekar Gelandangan
1976> huopin xiao shiyi lang / the sequel to the deer-carving sabre
1976> Quantou / Fists
1976> Lu XiaoFeng Chuanqi / The Legend of Lu XiaoFeng
1976> Xiuhua Da Dao / The Bandit who did needlework
1976> Juezhen qian hou / Before and after the final duel
1976> Bian Cheng Langzi / The Black Sabre / Peristiwa Merah Salju
1976> Xie Yingwu / The Bloody Parrot
1976> Bai yu laohu / white-jade tiger / harimau kemala putih
1976> dadi fei ying / land of the condors
1977> Yin gou dufang / silver-hook gambling house
1977> youling shanzhuang / phantom manor
1977> yuan yue wan dao / full moon curved sabre / Golok bulan sabit/dewa golok (sebagian besar ditulis oleh sima ziyan)
1977> Bi Xie xi yin ciang / green-blood silver-cleansing spear
1977> fei dao, you jian fe dao / flying knife, flying knife returns (sekuel dari flying dagger atau romantic swordsman)
1978> Xin yue chuanqi / the legend of the new moon
1978> Libie Gou / Parting Hook
1978> Feng wu jiu tian / the phoenix dancing on the ninth level of the heaven / manusia tanpa wujud
1978> Yingxiong wu lei / a hero without tears
1978> qi xing long wang / seven-star dragon king
1979> wuye lanhua / the orchid at midnight
1980> feng ling zhong di dao sheng / the sound of the sabre accompanied by wind chimes (penutupannya ditulis oleh yu donglou)
1981> bai yu diao long / white-jade carved dragon / Lencana pembunuh naga (sebagian besar ditulis oleh zhong suimei)
1981> jian shen yi xiao / the smile of the sword god
1982> nu jian kuang hua / furious sword and mad flowers (sebagian besar ditulis oleh ding qing)
1982> na yi jian de fengqing / the subtle touch of the sword (sebagian besar ditulis oleh ding qing)
1983> bian cheng dao sheng / the sound of the sabre in a border town (sebagian besar ditulis oleh ding qing)
1984> lieying, duju / hunting hawk, gambling game

0 comments: